Powered By Blogger

Daftar Isi


Thursday, February 3, 2011

Microsoft Desak Intel Bikin Atom 16 Core

Lini prosesor Intel Atom erat penggunaanya pada perangkat hemat listrik seperti netbook atau computer nettop. Penekanannya jelas bukan pada kinerja, namun lebih kepada memaksimalkan daya hidup baterai pada perangkat dengan layar kecil dengan kebutuhan kinerja grafik standar.

Namun Microsoft berpendapat, Atom memiliki potensi lebih besar dan ingin menggunakannya pada computer server. Microsoft bahkan menekan Intel agar meningkatkan jumlah core pada prosesor atom hingga berjumlah 16, sehingga dapat diandalkan sebagai solusi prosesor server hemat listrik.

Usulan berasal dari Dr. Dileep Bhandarkar, salah seorang insinyur  Microsoft Global Foundation Service salah satu tim inti yang berhubungan dengan Microsoft data center. Meski tidak cocok untuk seluruh beban kerja server, Bhandarkar berpendapat, prosesor Atom lebih cocok dari prosesor Xeon untuk tugas tertentu.

Ada kemungkinan dimasa mendatang prosesor ARM muncul dalam pusat Microsoft, karena Windows dalam proses pengembangan agar support terhadap prosesor ARM. Bhandarkar bahkan menyatakan, ARM hanya perlu membuktikan kemampuan yang mereka tawarkan.

Intel menyatakan, saat ini belum ada rencana untuk versi prosesor server hemat listrik. Namun, dengan antusiasme dari petinggi Microsoft serta desakan dari Bhandarkar, Atom 16 core kemungkinan bisa saja terwujud dalam beberapa tahun mendatang.

0 comments:

Post a Comment

Link Exchange/Tukar Link

Tukaran Link Yuk....
 

©  copyright 2011 powered by Second Child